Pendidikan Tinggi

FT Unand Gelar Lomba Robot Line Follower Digital

17 October 2017



Fakultas Teknik Universitas Andalas menggelar lomba Robot Line Follower Digital antar SMA/SMK sederajat pada Selasa (17/10) yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ketua panitia Muhammad Syafiq mengatakan lomba Robot Line Follower Digital diikuti oleh 29 tim dari berbagai SMA dan SMK di Sumatera Barat.

“Tidak hanya Sekolah menengah di Sumatera Barat yang mengikuti perlombaan ini, tatapi juga diikuti oleh sekolah menengah di luar Sumatera Barat seperti SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh, SMKN 2 Pekanbaru dan SMK Migas Teknologi Pekanbaru,” sambungnya.

Ditambahkannya yang dari Sumatera Barat sendiri diantaranya SMKN 1 Sumatera Barat, SMA Kartika, SMAN 3 Padang, SMAN 1 Sawahlunto, SMAN 1 Padang dan MA KMM Kauman Padang Panjang.

Perlombaan ini dilatarbelakangi oleh seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi menuntut manusia untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas salah satunya di bidang robotic.

“Dalam perlombaan ini akan dinilai oleh dewan juri yang akan mengawasi setiap jalannya perlombaan,”sebutnya.

Ia menyadari saat ini penggunaan robot sudah mencapai setiap lini dalam kehidupan manusia baik dalam dunia industri maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Diungkapkannya perlombaan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari lahirnya (Dies Natalis) Fakultas Teknik Universitas Andalas yang ke 32.

Selain acara ini ia juga mengadakan berbagai kegiatan seperti donor darah, stand, lomba poster dan juga diisi dengan penampilan akustik dari fakultas teknik yang digelar selama dua hari yaitu (17-18/10).

“Dalam kegiatan lomba dan expo ini setiap pengunjung dapat melihat dan bertanya langsung tentang kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan oleh fakultas teknik yang terdiri dari lima program studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Elektro,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dachriyanus, Apt sangat mengapresiasi setiap kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa.

Dijelaskannya perlombaan ini bukan hanya untuk menunjukkan yang terbaik tetapi ajang ini sebagai wadah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan secara sportif yang mana dapat meningkatkan semangat untuk terus belajar lebih baik lagi.

Ia berharap kegiatan ini melahirkan generasi yang unggul dan kreatif dibidang robot sehingga akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi di Indonesia.