Ekonomi

Wakaf Saham Ditawarkan di Malaysia Lewat IPO

19 June 2017



Malaysia kembali membuat terobosan inovatif dengan menawarkan wakaf saham melalui initial public offering (IPO) atau penawaran umum saham perdana. Langkah terobosan yang memadukan pasar modal dan filantropi Islam itu pun dinilai sebagai pionir di industri keuangan syariah global.

Adalah Waqaf An-Nur Corporation, sebuah entitas yang dibentuk oleh badan usaha milik negara Johor Corporation untuk mengelola aset dan saham wakaf, yang melakukan terobosan tersebut. Setidaknya ada 850 juta lembar saham senilai 85 juta ringgit atau setara 19,86 juta dolar AS yang ditawarkan ke pasar ritel dan wholesale.

Bagi pewakaf yang membeli saham tersebut pun akan mendapat insentif berupa pengurangan pajak. Pewakaf individu akan mendapat potongan pajak sebesar 7 persen dan pewakaf institusi memeroleh potongan sebesar 10 persen dari pendapatan.

Di lain pihak, dana yang dihimpun dari IPO akan digunakan untuk membiayai perbaikan terminal transportasi utama dan terbesar di Johor Bahru, yaitu Larkin Sentral dan pasar yang berlokasi dekat dengan terminal. Selain itu, juga untuk membiayai pembangunan gedung parkir.

Sementara, dividen (keuntungan) yang diperoleh dari wakaf saham akan dipakai untuk membantu pedagang kecil berpendapatan rendah dan ibu tunggal membayar sewa kios di pasar yang berlokasi dekat Larkin Sentral. Proyek pembangunan dan perbaikan yang dibiayai dari dana wakaf pun diperkirakan selesai pada 2019.

Sebagaimana dilansir dari Islamic Finance News, Senin (19/6), inisiatif wakaf saham dinilai berpotensi membuka peluang baru bagi sektor wakaf. Wakaf saham itu juga telah memeroleh persetujuan dan pernyataan sesuai prinsip syariah dari Securities Commission Malaysia.

Larkin Sentral merupakan terminal utama di Johor yang melayani lebih dari 9 juta penumpang setiap tahunnya. Terminal tersebut mengakomodasi 49 perusahaan bis yang menyediakan rute ke berbagai kota besar di Malaysia, Singapura dan Thailand. Sementara, pasar Larkin Sentral memuat 471 kios, sedangkan gedung utama terminal bisa menampung 248 kios.

The post Wakaf Saham Ditawarkan di Malaysia Lewat IPO appeared first on Ekonomi Syariah.