Ekonomi

Rusia Mulai Lirik Bank Syariah

04 July 2017



Rusia kini sedang menghadapi kesulitan menghimpun dana di negara-negara Barat karena mendapat sanksi. Namun, ternyata hal tersebut menimbulkan berkah tersendiri. Kini negara tersebut sudah mulai melirik sistem perbankan syariah sebagai alternatif penghimpunan dana.

Sejumlah bank di Rusia kini mulai mempertimbangkan untuk menyediakan layanan keuangan syariah demi membuka akses bagi dunia Muslim. Di sisi lain, populasi muslim di Rusia yang semakin meningkat juga menjadi salah satu pasar yang bisa disasar oleh bank-bank Rusia.

Penasihat Sberbank Bekhnam Gurban-zade mengatakan, kini Sberbank sedang menyiapkan sebuah roadmap perbankan syariah di Rusia. Peraturan yang memungkinkan bank menjalankan operasional sesuai prinsip syariah juga sedang dikerjakan.

Sebagaimana dilansir dari Euro Asia Review, Selasa (4/7), beberapa wilayah Muslim di Rusia telah mendorong ide pendirian bank syariah dalam tujuh tahun terakhir. Namun, baru kali ini dukungan dari Moskow terlihat. Kendati demikian, masih ada kekuatiran bagaimana sistem perbankan syariah bisa berjalan paralel dengan model eksisting. Bahkan, hambatan terbesar adalah pada penyebutan bank “Islam” karena Rusia menganut sistem sekuler.

Namun, karena industri perbankan syariah global kini asetnya telah mencapai 1-2 triliun dolar AS dan diperkirakan akan mencapai 4 triliun dolar AS dalam beberapa tahun mendatang, kehadiran bank syariah di Rusia bisa saja terjadi. Cepat atau lambat, Rusia akan mengambil langkah untuk memeroleh akses kredit di Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab hingga Iran.

The post Rusia Mulai Lirik Bank Syariah appeared first on Ekonomi Syariah.