Pendidikan Menengah

Kepala Madrasah Ikuti Reviu Pedoman Implementasi Kurikulum Nasional pada Madrasah

Semarang (icg.sch.id) Selasa 6 Februari, Kepala MAN IC Gorontalo, Jasmaniar turut serta dalam kegiatan Reviu Pedoman Implementasi Kurikulum Nasional pada Madrasah, yang diselenggarakan oleh Kemenag RI melalui Direktorat KSKK. Kegiatan ini merupakan respons terhadap perkembangan pendidikan yang terus bergerak, yang harus disesuaikan dengan kebijakan pendidikan sebagai pedoman pelaksanaannya.

Acara ini berlangsung di Hotel Harris-Semarang, mulai dari tanggal 5-7 Februari 2024, seiring dengan momen Rakernas Kemenag RI di wilayah yang sama.

 

Dalam kegiatan tersebut, beberapa unsur seperti Ketua Tim Kurikulum Evaluasi dan Kesiswaan beberapa Kanwil serta beberapa Kepala MA, Mts, RA, dan MI dipilih untuk menguji keterbacaan Revisi KMA 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Beberapa hal mendasar tentang Struktur Kurikulum dan P5-RA menjadi fokus kritik, mengingat akan diluncurkannya kebijakan baru implementasi kurikulum merdeka versi Kemendikbudristek.

Direktur KSKK, Sidik Sisdianto, membuka kegiatan tersebut dengan menyatakan bahwa beberapa kebijakan pendidikan akan diambil untuk menyandingkan dan menyesuaikan kebijakan kurikulum nasional Kemendikbudristek dengan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI tentang KMA 347 Tahun 2022. Selain mata pelajaran umum, kekhasan mata pelajaran di madrasah seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab juga perlu segera dibuatkan pedoman sebagai panduan implementasinya di madrasah.

Jasmaniar, sebagai salah satu tim reviu, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan yang keempat kalinya untuk mencapai tahapan keterbacaan. Namun, jika ada penyesuaian baru dari kebijakan Kemendikbudristek, maka akan dilakukan evaluasi kembali terhadap beberapa redaksi revisi KMA 347 tahun 2022 sehingga memudahkan implementasinya di madrasah. humas icg.sch.id

The post Kepala Madrasah Ikuti Reviu Pedoman Implementasi Kurikulum Nasional pada Madrasah appeared first on MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO.

Sumber: MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO

Related Articles

Back to top button