Ekonomi

Pasar Sukuk Global Diperkirakan Meningkat Tahun Ini

20 July 2017



Jumlah penerbitan sukuk, yang meningkat 44 persen tahun lalu menjadi 88 miliar dolar AS, diperkirakan akan terus berlanjut di tahun ini. Proyeksi tersebut muncul seiring semakin banyaknya penerbit sukuk yang menawarkan sukuk untuk refinancing.

Menurut International Islamic Financial Market (IIFM) yang berbasis di Bahrain, penerbitan sukuk senilai 100 juta dolar AS dengan tenor lebih dari 1 tahun akan terlihat lebih sering di pasar. Jumlahnya bisa mencapai sekitar 66 miliar dolar AS pada tahun ini dan 2018.

Sekitar 86 persen dari total outstanding sukuk senilai 367 miliar dolar AS masih didominasi oleh segelintir negara, seperti Malaysia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Indonesia. Sementara, negara lainnya seperti Turki, Pakistan dan beberapa negara di Afrika diperkirakan akan mampu meningkatkan pangsanya di pasar sukuk global dalam beberapa tahun mendatang.

“Sukuk diterbitkan untuk memenuhi beragam kebutuhan pembiayaan, seperti meningkatkan modal bank, pengelolaan anggaran dan moneter, pembiayaan proyek infrastruktur, pembiayaan pesawat terbang dan lainnya, yang menandakan ini merupakan sinyal yang meggembirakan,” kata Chairman IIFM Khalid Hamad, dilansir dari laman The National, Kamis (20/7).

Di sisi lain, ia menambahkan, seiring pasar sukuk yang terus berevolusi, maka timbul pula beragam tantangan. Hal tersebut pun perlu diatasi dengan memberikan dokumen dan struktur produk yang transparan dan harmonis baik dari sisi perspektif syariah, legal dan pasar.

“Ada kepercayaan diri yang meningkat di pasar sukuk di beberapa negara. Misalnya, kini semakin banyak penerbitan sukuk jangka panjang yang tenornya hingga 30 tahun sampai sukuk yang terus menerus diterbitkan,” ujar Chief Executive Officer IIFM Ijlal Alvi.

Proyeksi IIFM mengenai penerbitan sukuk yang akan meningkat di tahun ini pun sejalan dengan proyeksi yang dikeluarkan S&P Global Ratings. S&P memperkirakan penerbitan sukuk tahun ini akan berada di kisaran 75 miliar-80 miliar dolar AS. Angka itu lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yang sebesar 60 miliar-65 miliar dolar AS.

Koreksi terhadap proyeksi penerbitan sukuk tersebut tak terlepas dari semakin banyaknya negara yang masuk ke pasar sukuk untuk memenuhi kebutuhan pendanaan. Pemerintah, yang pada tahun lalu banyak masuk di pasar surat utang konvensional, kini mulai beralih ke sukuk demi memperluas basis investor tahun ini.

The post Pasar Sukuk Global Diperkirakan Meningkat Tahun Ini appeared first on Ekonomi Syariah.