Pendidikan Menengah

One day One Chapter Setelah Kuliah Subuh, Pesdik dan Guru Asuh Perbanyak Ibadah dan Membaca Qur’an di Bulan Suci Ramadan 2023

‘Pesdik bersama guru asuh sama-sama menerima Kuliah Subuh dari Ustaz Syamsu Botutihe dilanjut dengan membaca Qur’an dengan target masing-masing sebanyak satu juz/chapter.

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Memasuki puasa hari ke-dua, MAN ICG menyelenggarakan Kuliah Subuh yang disambung dengan masing-masing siswa membaca Qur’an sebanyak satu juz bersama guru asuh Pesdik masing-masing. Kegiatan yang diawali dengan mendengarkan Kuliah Subuh bertempat di Masjid Ulul-Albab, Sabtu (25/03). Sebagai narasumber adalah Ketua Bapemperda DPRD Bone Bolango, Syamsu Botutihe.

Saat memberikan Kuliah Subuh, Syamsu menyampaikan tentang pentingnya puasa di bulan Ramadan sebagai momentum perubahan menuju ke arah yang lebih baik bagi seorang muslim. Dirinya kemudian memberikan ilustrasi puasa di bulan suci Ramadan seperti transformasi ulat menjadi kempompong dan akhirnya berubah ke dalam wujud baru yaitu kupu-kupu.

“Seorang muslim yang melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan bagaikan ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. Ulat yang sebelumnya dipandang sebagai mahkuk yang lambat, tidak bermanfaat, tidak disenangi, dan hina ketika berubah menjadi kupu-kupu kini drastis menjadi mahluk yang cepat, bermanfaat, disenangi, dan mulia,” jelas Syamsu.

Setelah selesai menerima Kuliah Subuh, agenda dilanjutkan dengan membaca Qur’an bersama guru asuh masing-masing Pesdik. Setiap Pesdik dan guru asuh akan membaca satu juz. Karena itulah nama kegiatan ini adalah One Day One Chapter. Guru asuh yang memiliki 10 Pesdik ini akan menyelesaikan 10 (sepuluh) juz yang artinya bila dilaksanakan setiap hari Sabtu makan akan bisa khatam hanya dengan tiga kali pertemuan di hari Sabtu. Hal ini tentunya bagus sekali karena puasa yang dilaksanakan di bulan suci Ramadan ini akan diisi dengan kegiatan ibadah dan banyak membaca Qur’an. (Agunka)

Editor  : Jasmaniar

 

The post One day One Chapter Setelah Kuliah Subuh, Pesdik dan Guru Asuh Perbanyak Ibadah dan Membaca Qur’an di Bulan Suci Ramadan 2023 appeared first on MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO.

Sumber: MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO

Related Articles

Back to top button